Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan untuk Ibu Hamil Muda

Kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Kabar kehamilan adalah hal yang menyenangkan bagi pasangan suami istri. Saat usia kehamilan masih muda, seringkali ibu-ibu muda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan. Hal ini tentu bertujuan baik untuk dapat menjaga kesehatan dan perkembangan janin sang ibu. 


Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

Saat usia kehamilan masih muda, asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil, karena pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah, hingga kehilangan nafsu makan. Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral, sehingga dapat berkembang dengan baik.

Untuk memperoleh makanan yang sehat untuk ibu hamil muda, bukan berarti sang ibu harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak, akan tetapi ibu hamil harus memperhatikan kualitas dari makanan yang ibu hamil konsumsi. Makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, kebutuhan, dan perkembangan janinnya, terlebih bagi awal kehamilan, dimana perubahan hormonal dapat meningkatkan sensitivitas yang mempengaruhi ibu hamil muda.

Seorang ibu hamil tidak boleh makan sembarangan. Ada banyak pantangan makanan bagi ibu hamil, seperti makanan cepat saji dan makanan mentah atau setengah matang, seperti steak. Ini disebabkan karena dikhawatirkan mengandung bakteri, seperti Salmonella dan E. Coli yang mengancam kesehatan ibu dan janin.

Beberapa makanan yang dapat ibu hamil konsumsi ketika sedang hamil muda

Sereal

Pada pagi hari, seringkali ibu hamil kesulitan untuk mengkonsumsi makanan. Ini disebabkan karena adanya gangguan mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Untuk menyiasatinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi sereal. Sereal mengandung asam folat yang dibutuhkan pada beberapa minggu pertama fase kehamilan. Ibu hamil setidaknya mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per harinya. Selain itu, sereal memiliki variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan ibu hamil, serta mengandung banyak mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium, yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi janin. Gandum utuh mengandung energi dan serat yang yang baik untuk kebutuhan ibu hamil.

Oatmeal

Jika Anda kurang suka atau bosan jika harus sarapan dengan sereal terus menerus, coba ganti dengan oatmeal. Bubur gandum ini bisa menjadi sumber energi yang kiranya dibutuhkan untuk melakukan sedikit kegiatan di rumah. Energi tersebut hadir berkat kandungan karbohidrat kompleks yang juga mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga membantu seorang penderita kolesterol tinggi. 

Minum susu

Susu mempunyai kecukupan vitamin D yang bermanfaat bagi ibu hamil. Kandungan yang terdapat di dalam susu dapat membantu ibu hamil dalam mendukung pertumbuhan jaringan baru pada bayi, memperbaiki jaringan yang rusak, dan pembentukan otot , serta transportasi oksigen ke janin. Pilihan susu kedelai juga baik untuk ibu hamil.
  

Buah dan Sayur

Kandungan dari asupan makanan yang kaya akan zat besi dapat mencegah ibu hamil dari anemia. Zat besi yang didapat dari sayuran hijau mampu meningkatkan hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energi bagi ibu hamil. Tapi faktanya makanan yang mengandung zat besi sukar diserap oleh tubuh. Nah, agar zat besi mudah diserap oleh tubuh, sebaiknya ibu hamil juga mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya, dan melon. Pada kehamilan trimester pertama, kandungan vitamin C dari buah-buahan dibutuhkan untuk menambah kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. 

Ikan

Makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 dapat membantu pembentukan otak janin. Namun ibu hamil harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menggangu perkembangan janin. Hindari mengkonsumsi ikan yang mentah, karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh yang tidak dibutuhkan tubuh dan janin. 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan diperlukan untuk pengembangan sistem saraf pada bayi. Misalnya saja kacang hijau yang mengandung asam folat dan vitamin B yang baik untuk ibu dan janin, serta berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

Air dan Vitamin

Kandungan air dan vitamin penting untuk ibu hamil. Mengonsumsi lebih banyak air putih yang dicampurkan dengan sari buah tanpa tambahan gula, dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil di trimester pertama. 

Telur

Telur adalah memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, serta membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3 yang penting bagi otak dan pengembangan penglihatan bagi janin.

Ubi jalar

Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, sebuah pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh seseorang. Meskipun mengkonsumsi banyak pembentuk vitamin A bisa berbahaya, namun karotenoid mengonversi menjadi vitamin A hanya jika diperlukan, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran.

Yogurt 

Yoghurt yunani memiliki kandungan protein dua kali protein yogurt biasa. Semua jenis yoghurt merupakan sumber kalsium, yang penting bagi ibu hamil muda. Kalsium membantu menjaga tulang sang ibu hamil agar tetap utuh dan membuat kerangka yang sehat untuk bayi ibu.

Keju

Tidak semua keju baik untuk ibu hamil. Sangat disarankan untuk memilih keju cheddar atau mozzarella karena keduanya menyumbangkan kalsium dan protein yang cukup tinggi pada tubuh. Setiap ons-nya terdapat 150 hingga 200 mg kalsium.

Brokoli

Brokoli mengandung kalsium dan asam folat, yang merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Disamping itu, terdapat pula serat dan antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan memerangi berbagai jenis penyakit. Juga terkandung vitamin C yang sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan untuk membantu penyerapan zat besi lebih sempurna.

Pisang

Pisang merupakan sumber kalium yang bertindak sebagai penambah energi untuk ibu hamil yang mengalami kelelahan. Buah ini juga gampang dicerna oleh usus karena dagingnya yang lembut, serta tidak membuat perut terasa mual ketika ditelan.

Daging Tanpa Lemak

Daging adalah sumber zat besi hewani yang dua kali dibutuhkan saat menjalani masa kehamilan. Pilihlah daging tanpa lemak agar tidak menimbulkan kegemukan pasca melahirkan atau saat hamil.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun berguna untuk kecantikan dan kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh dan vitamin E yang berdampak positif bagi kesehatan, termasuk ibu hamil.

Adapun contoh panduan makanan yang dapat ibu hamil gunakan pada kehamilan trimester pertama adalah sebagai berikut:

Sarapan

1. Jus Buah
2. Nasi Goreng
3. Telur mata sapi
4. Susu / susu khusus kehamilan

Makan siang

1. Nasi
2. Sayur Bening
3. Ikan bumbu kuning
4. Tempe goreng
5. Buah Jeruk

Makan Malam

1. Nasi
2. Bistik
3. Bakwan Jagung
4. Selada Buah
5. Susu (menjelang tidur)

Nah itu tadi mengenai Makanan untuk Ibu Hamil Muda, semoga sehat-sehat anak yang sedang dikandung. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Autor Perempuans
Portal Perempuan Indonesia Yang Memberikan Informasi Seputar Wanita, Gadis, Cewek serta Kegemarannya