Diberdayakan oleh Blogger.

Sebab Gagalnya Diet

Kenali Sebab Gagalnya Diet - Diet memang menjadi salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Sayangnya tidak sedikit dari mereka yang gagal melakukan program diet. Bukannya tubuh langsing yang didapat, melainkan bentuk tubuh yang semakin melar yang kita peroleh. Diet itu bukanlah suatu proses yang mudah. Perlu perjuangan keras untuk melakukannya. Pastinya akan sia-sia pengorbanan itu kalau kita ternyata gagal di tengah-tengah program diet yang sedang kita lakukan. 

Penyebab Gagal Diet
Gambar : mausehat.com

Beberapa Sebab Gagalnya Diet

Sebab gagalnya diet bisa terjadi karena beberapa hal. Diet tidak sehat merupakan salah satunya. Apa itu diet yang tidak sehat? Program diet itu hanya mengurangi porsi makan dengan drastis tanpa memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. akibatnya tentu tubuh akan terlihat lemas dan pucat. Kalau kondisi ini dibiarkan terlalu lama, tubuhkita akan terkena penyakit pencernaan seperti maag ataupun types. Kurus tapi badan menjadi tidak sehat apa untungnya? Kita pasti akan terlihat kurang semangat dalam menjalani hari-hari. 

Selain tubuh terlihat kurang sehat, suatu saat kita bisa kembali ke kebiasaan lama karena tidak tahan dengan siksaan ini. Nah, pada saat itulah kita biasanya akan rakus sekali untuk makan. Seolah hal itu sebagai pembalasan karena penderitaan yang kita rasakan. Hasilnya tentu bentuk tubuh akan semakin membengkak. Kalau sudah begini, program diet sudah pasti gagal.

Selain salah program diet yang dipilih, ada beberapa faktor lain kenapa program diet gagal dilakukan. Dikutip dari www.health.com, ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan program diet gagal kebiasaan pertama yang menjadi penyebab gagalnya diet adalah tidak sarapan. Sarapan merupakan salah satu hal penting dalam menjamin keberhasilan program diet. Asalkan asupan yang dimakan ketikan sarapan diperhatikan dengan baik, akan membuat kita terlihat sehat dan bugar. Dengan asupan sarapan yang mas, itu akan menghindari kita dari keinginan untuk ngemil di jam-jam genting yaitu di tengah-tengah jam menunggu makan siang. Kalau tidak sarapan dan kita tetap ngemil, pastinya program diet ini akan gagal. Karena pada saat ngemil kandungan di makanan kecil itu akan mengendap di dalam tubuh dan akan menjadi lemak jahat.

Kebiasaan makan dengan porsi yang terlalu banyak menjadi penyebab kedua gagalnya diet. Perubahan porsi makan biasanya menjadi faktor sulit dalam melakukan program diet. Agar diet berhasil, makanlah dengan porsi sedikit namun sering. Dengan begitu maka kita akan terbiasa dengan porsi sedikit itu. kalau sudah terbiasa, maka pengurangan porsi makan itu tidak akan terasa berat untuk kita.

Banyak orang yang salah menafsirkan bahwa diet itu tidak makan apa-apa. Padahal program diet itu adalah sebuah program yang mengatur kembali pola hidup kita agar menjadi lebih baik lagi. Kalau kita suka mengonsumsi makanan dengan banyak lemak, gantilah makanan itu dengan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Dengan mengubah makanan itu, maka kita akan mendapatkan asupan gizi yang tercukupi dan berat badan tubuh kita akan menurun secara berkala.

Kesalahan keempat gagalnya program diet adalah kita terlalu mudah memaafkan diri sendiri ketika melakukan kesalahan program diet. Misalnya kita sedang sangat ingin ngemil, kita menuruti keinginan itu. Hanya sekali saja, pasti tidak apa-apa, itu yang mungkin terbersit di pikiran kita. Padahal kalau sekali kita memaklumi hal itu, maka akan terulang lagi beberapa kali ke depannya. Sehingga hal-hal yang dilarang ketika diet dilakukan akan dilanggar tanpa ada penyesalan.

Itulah tadi beberapa sebab gagalnya diet yang banyak terjadi di sekitar kita. Agar program diet berhasil dilakukan, mulailah dari niat yang kuat sehingga tidak akan tergoyah dengan godaan yang menghadang di depan mata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

author
Autor Perempuans
Portal Perempuan Indonesia Yang Memberikan Informasi Seputar Wanita, Gadis, Cewek serta Kegemarannya