Diberdayakan oleh Blogger.

Tanda Penyakit Jantung Pada Wanita

Tanda Penyakit Jantung Pada Wanita

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Jantung diperlukan tubuh untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. 

Namun tidak sedikit orang ternyata mengalami masalah pada jantungnya. Masalah pada jantung yang sering terjadi dan menjadi pembunuh nomor satu di dunia adalah penyakit jantung.  Jika jantung bermasalah, maka beberapa organ tubuh pun akan bermasalah karena tidak mendapat pasokan oksigen dan makanan yang cukup. 

Penyakit jantung bisa diwarisi secara turun temurun dari keluarga, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, stres dan gaya hidup yang tidak sehat. Penyakit jantung bisa terjadi karena penumpukan lemak pada arteri, ketika penumpukan menjadi tebal dan mengeras dan menimbulkan atherosclerosis (yang menyebabkan serangan jantung). Atherosclerosis dapat menghambat peredaran darah dan oksigen menuju ke hati, sehingga menimbulkan serangan jantung. 

Lebih dari 380 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit jantung, dan jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Begitu berbahayanya penyakit jantung bagi penderita, tentu menjadi pelajaran bagi yang mungkin belum menderita. Terapkan pola hidup sehat adalah hal terbaik menghindari berbagai penyakit. Dan pengobatan secara maksimal dan optimal adalah usaha yang bisa kita lakukan saat ternyata telah terjangkit penyakit ini.

Beberapa Tanda Penyakit Jantung Pada Wanita adalah sebagai berikut ini :

1. Mual atau Muntah

Jika kamu sering merasa mual dan ingin muntah tanpa sebab, kemungkinan besar itu adalah tanda-tanda penyakit jantung. Gejala mual dan ingin muntah tersebut diikuti pula oleh gejala lainnya seperti kehabisan nafas, keringat dingin dan sakit pada dada. 

2. Jantung berdebar

Dalam istilah kedokteran, denyut jantung yang tidak teratur atau terlalu kuat disebut Palpitasi. Palpitasi biasanya berlangsung selama beberapa menit, atau bisa juga berjam-jam bahkan berhari-hari. Ketika seseorang mengalami palpitasi tentunya akan timbul perasaan tidak nyaman. Penyakit jantung adalah salah satu faktor penyebab  palpitasi. Bila jantung seseorang bermasalah, maka akan menganggu dorongan elektrik dari tubuh dalam memerintahkan jantung untuk berdetak. 

3. Sakit pada rahang

Salah satu gejala yang disebabkan oleh penyakit jantung adalah sakit pada rahang. Sakit pada rahang disebabkan oleh terganggunya saraf - saraf yang berhubungan langsung dengan jantung. 


4. Pusing atau sakit kepala

Pusing atau sakit kepala memang menjadi hal yang hampir dialami oleh semua orang. Sakit kepala adalah suatu kondisi dimana otak kamu merasakan sakit ataupun nyeri. Mungkin kamu pernah mengalami sakit kepala tanpa tahu apa penyebabnya. Pusing bisa disebabkan karena jumlah aliran darah tidak mampu mencapai ke jantung, terutama jika hal ini dibarengi dengan keluarnya keringat dingin dan kehabisan nafas.

5. Lelah

Ketika kamu merasa mudah kelelahan melakukan pekerjaan rutin yang tidak berat, seperti membersihkan rumah atau menyapu halaman, bisa jadi itu pertanda jantung tidak bekerja dengan baik. Sebab jantung diperlukan oleh tubuh untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan. Jika kamu mudah lelah, ini bisa disebabkan karena aliran darah tidak mampu mencapai ke jantung. 

Demikian informasi tentang Tanda Penyakit Jantung Pada Wanita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia perempuann.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Autor Perempuans
Portal Perempuan Indonesia Yang Memberikan Informasi Seputar Wanita, Gadis, Cewek serta Kegemarannya